Menu Tutup

Bisakah Probiotik Membantu Melawan Diare ?

Diare sering disebabkan oleh infeksi usus. Selama diare tidak parah, biasanya cukup minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi, dan menunggu infeksi diatasi oleh tubuh dengan sendirinya. Namun, pada anak-anak kecil dan orang tua, kehilangan cairan dapat dengan cepat menjadi sangat berbahaya sehingga diperlukan perawatan khusus. Kasus diare yang mengancam jiwa jarang terjadi di negara-negara industri.

Probiotik dapat membuat diare hilang sekitar satu hari lebih cepat. Secara umum, produk probiotik – yang sebagian besar mengandung bakteri asam laktat tertentu – dapat ditoleransi dengan baik

Dalam kasus-kasus ringan, orang kadang-kadang disarankan untuk makan makanan probiotik selain minum banyak cairan. Produk probiotik memiliki mikroorganisme khusus seperti bakteri atau ragi di dalamnya. Ini diperkirakan mencapai usus, di mana mereka menekan kuman penyebab diare dan membantu tubuh melawan mereka. Probiotik yang paling dikenal adalah bakteri asam laktat (lactobacilli). Mereka ditemukan dalam yoghurt alami dan produk susu lainnya, serta dalam beberapa suplemen makanan.

Penelitian Tentang Efek Probiotik

Untuk mengetahui seberapa baik probiotik membantu melawan diare akut, para peneliti dari Cochrane Collaboration menganalisis studi yang relevan di bidang ini. Mereka menemukan 63 studi yang melihat efektivitas probiotik untuk diare akut. Lebih dari 8.000 orang mengambil bagian dalam studi ini.

Sebagian besar peserta adalah anak-anak yang diare berlangsung kurang dari dua minggu. Mereka mengonsumsi probiotik dalam berbagai bentuk, seperti yoghurt, susu, susu formula bayi, sebagai bubuk atau dalam bentuk kapsul.

Probiotik Dapat Membuat Diare Hilang Lebih Cepat

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik membantu: mereka memendekkan penyakit rata-rata satu hari. Dalam beberapa penelitian, para peneliti menghitung berapa banyak orang yang tidak mengalami diare lagi setelah tiga hari:

Tanpa pengobatan: Sekitar 34 dari 100 orang yang tidak menggunakan probiotik bebas diare setelah tiga hari.
Dengan pengobatan: Sekitar 55 dari 100 orang yang menggunakan probiotik bebas diare setelah tiga hari.
Dengan kata lain, probiotik membuat diare hilang lebih cepat pada 21 dari 100 orang.

Tetapi tidak jelas apakah beberapa makanan dan produk probiotik lebih efektif daripada yang lain. Jadi mungkin ada perbedaan antara kapsul bakteri, bakteri dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk bubuk yang ditambahkan bahan alami lainnya

Sumber :

Allen SJ, Martinez EG, Gregorio GV, Dans LF. Probiotics for treating acute infectious diarrhoea. Cochrane Database Syst Rev 2010; (11): CD003048. [PMC free article] [PubMed]
Bernaola Aponte G, Bada Mancilla CA, Carreazo NY, Rojas Galarza RA. Probiotics for treating persistent diarrhoea in children. Cochrane Database Syst Rev 2013; (8): CD007401.
IQWiG health information is written with the aim of helping people understand the advantages and disadvantages of the main treatment options and health care services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *